Proses desain (teknik kimia)

Proses desain adalah proses untuk desain yang diinginkan fisik dan / atau transformasi bahan kimia. Proses desain adalah pusat untuk teknik kimia dan dapat dianggap sebagai puncak dari teknik kimia, menyatukan semua komponen bidang tersebut.
Perancangan proses dapat berupa perancangan fasilitas baru atau bisa modifikasi atau perluasan fasilitas yang sudah ada. Desain dimulai pada tingkat konseptual dan berakhir dalam bentuk rencana fabrikasi dan konstruksi.
Proses desain berbeda dari alat desain, yang lebih dekat dalam roh dengan desain unit operasi. Proses sering mencakup banyak unit operasi .

Proses dokumen desain berfungsi untuk menentukan desain dan mereka memastikan bahwa komponen-komponen desain cocok bersama.Mereka sangat berguna dalam mengkomunikasikan ide dan rencana kepada insinyur lain yang terlibat dengan desain, untuk badan pengatur eksternal, untuk vendor peralatan dan kontraktor konstruksi.

Dalam rangka meningkatkan detail, dokumen perancangan proses meliputi:

  • Block Flow Diagram (BPH): diagram sederhana terdiri dari empat persegi panjang dan garis menyatakan besar atau aliran energi.
  • Aliran Proses Diagram (PFD’s) : lebih kompleks diagram Biasanya operasi unit besar serta garis aliran. Mereka biasanya termasuk keseimbangan bahan, dan terkadang juga neraca energi, menampilkan desain khas atau debit, komposisi aliran, dan aliran dan tekanan tetap dan suhu.
  • Diagram instrumentasi dan perpipaan (P & ID’s) : Diagram ini menunjukan setiap perpipaan beserta kelas (baja karbon atau stainless steel) dan ukuran pipa (diameter). Mereka juga menunjukkan valving bersama dengan lokasi instrumen dan skema proses pengendalian.

desainer proses meliputi pula penulisan manual operasi cara start-up, mengoperasikan dan shut-down proses.

Dokumen diselenggarakan setelah pembangunan fasilitas proses untuk personil operasi untuk merujuk. Dokumen juga berguna ketika modifikasi fasilitas direncanakan.

Sebuah metode utama dari proses pengembangan dokumen ini flowsheeting proses .

baca selengkapnya http://en.wikipedia.org/wiki/Chemical_engineering

Tentang hmtkitm

Himpunan adalah jiwa bagi setiap mahasiswa
Pos ini dipublikasikan di TEHNIK KIMIA dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s